Cari Blog Ini
NRP : 5025231124 | Kelas : Pemrograman Berorientasi Objek - A | Dosen : Fajar Baskoro, S.Kom., M.T.
Unggulan
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Tugas Pertemuan 6 - Tech Support System
Tugas Pertemuan 6 - Tech Support System
Dalam bahasa pemrograman Java, salah satu kebutuhan dasar saat membuat aplikasi interaktif adalah kemampuan untuk menerima input dari pengguna. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Java menyediakan kelas Scanner, yang merupakan bagian dari paket java.util. Kelas Scanner digunakan untuk membaca berbagai jenis input, seperti teks, bilangan bulat, atau bilangan desimal dari berbagai sumber, termasuk konsol (input dari pengguna), file, atau string.
Fungsi Utama Scanner
Kelas Scanner memungkinkan program untuk:
- Membaca Input dari Konsol : Pengguna dapat memasukkan data secara langsung saat program dijalankan, yang kemudian dapat diproses oleh aplikasi.
- Memproses Berbagai Tipe Data : Scanner mendukung berbagai tipe data seperti String, int, double, dan tipe primitif lainnya.
- Fleksibilitas Sumber Input : Scanner dapat digunakan untuk membaca data dari berbagai sumber, seperti file atau string, selain dari input langsung pengguna melalui konsol.
Implementasi Scanner dalam Program
Dalam program Tech Support System yang telah dibuat, kelas Scanner digunakan untuk membaca input teks dari pengguna. Implementasinya dapat dilihat pada kelas InputReader sebagai berikut:
- Membaca Input Pengguna : Di kelas InputReader, objek Scanner digunakan untuk membaca input teks dari pengguna melalui metode nextLine(). Metode ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan satu baris teks, yang kemudian digunakan oleh program untuk memberikan respons.
- Diagram Kelas :
- SupportSystem : Mengelola alur program, memproses input pengguna, dan menampilkan respons.
- InputReader : Mengambil input dari pengguna melalui konsol.
- Responder : Menyediakan respons acak untuk ditampilkan pada pengguna.
Contoh Implementasi : Link Source Code
Kelas SupportSystem
Kelas ini akan menjadi inti dari sistem dan mengatur alur program, termasuk menerima input dari pengguna dan mendapatkan respons dari objek Responder.Penjelasan
- SupportSystem() : Konstruktor untuk membuat objek InputReader dan Responder sebagai bagian dari sistem.
- start() :
- Memulai program dengan menampilkan pesan selamat datang dan instruksi kepada pengguna.
- Menginisialisasi loop yang terus berjalan hingga pengguna mengetik "bye".
- Mengambil input pengguna melalui objek InputReader.
- Jika input adalah "bye", program keluar dari loop.
- Jika input bukan "bye", program akan meminta objek Responder untuk menghasilkan respons acak.
- Menampilkan respons dari Responder ke konsol.
- Setelah loop selesai, program menampilkan pesan selamat tinggal.
- main(String[] args) : Metode utama untuk menjalankan program, di mana objek SupportSystem dibuat dan metode start() dipanggil.
Kelas InputReader
Kelas ini bertanggung jawab untuk mengambil input dari pengguna.Penjelasan
- Scanner scanner : Objek Scanner digunakan untuk membaca input dari konsol.
- InputReader() : Konstruktor yang menginisialisasi objek Scanner untuk membaca input dari sistem (konsol).
- getInput() :
- Meminta pengguna memasukkan teks dengan menampilkan prompt "> ".
- Mengambil input dari pengguna menggunakan scanner.nextLine().
- Mengembalikan input yang dimasukkan oleh pengguna.
Kelas Responder
Kelas ini bertugas untuk menghasilkan respons umum terhadap input yang diberikan oleh pengguna.
Penjelasan
- String[] responses : Array yang berisi beberapa kalimat respons standar yang akan diberikan oleh sistem untuk menanggapi masalah pengguna.
- Responder() : Konstruktor yang menginisialisasi array responses dengan kalimat-kalimat respons default.
- generateResponse() :
- Membuat objek Random untuk memilih respons secara acak dari array responses.
- Menghasilkan indeks acak berdasarkan panjang array responses.
- Mengembalikan salah satu kalimat respons berdasarkan indeks yang dihasilkan secara acak.
Cara Kerja :
- Ketika program dijalankan, pengguna akan diminta untuk memasukkan masalah mereka.
- Program akan menampilkan respons acak untuk setiap input yang diberikan sampai pengguna mengetik "bye".
Contoh Implementasi : Link Source Code
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Postingan Populer
Tugas Pertemuan 4 - Interaksi Objek (Clock Display)
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Tugas Pertemuan 14 - Graphical User Interface
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar