Tugas Pertemuan 8 - World of Zuul
Membuat Code untuk masing-masing Kelas
Membuat Diagram Kelas di BlueJ
Buat diagram kelas dengan urutan : CommandWords, Command, Parser, Room, Game
Menjalankan Aplikasi Game
Tahap untuk menjalankan aplikasi Game sebagai berikut :
- Klik kanan pada kelas ```Game```
- Klik ```new Game()``` untuk membuat objek baru
- Klik ```oke```
- Klik kanan pada objek ```Game``` pada object bench berwarna merah
- Klik method ```void play()```
- Ketika muncul tampilan terminal, kita akan mengecek comand "help". Ketikan ```help```. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :
- Cek tempat yang ada di sekitarmu dengan memberikan comand ```go east```, ```go west```. ```go north```. atau ```go south``` sesuai dengan arah yang ada (Exits: ```arah```)
Membuat Ruangan Baru
Tahap untuk membuat ruangan sebagai berikut :
- Klik kanan pada kelas ```Room```
- Klik ```new Room(String description)``` untuk membuat objek baru
- Ketikan nama ruangan baru pada ```new Room```
- Klik ```oke```
- Klik kanan pada objek ```Room``` pada object bench berwarna merah
- Klik method ```void setExits()``` untuk menambahkan ruangan yang ada di sekitar dari ruangan tersebut
- Ketikan nama ruangan di sekitar rungan yang kamu pilih. Jika sekitarnya tidak ada ruangan lain, maka masukkan ```null```
Mengecek Apakah Suatu Command dapat Dipakai
Tahap untuk mengecek apakah suatu command dapat dipakai sebagai berikut :
- Klik kanan pada kelas ```CommandWords```
- Klik ```new CommandWords()``` untuk membuat objek baru
- Klik ```oke```
- Klik kanan pada objek ```CommandWords``` pada object bench berwarna merah
- Klik method ```booolean isCommand(String aString)```
- Ketikkan suatu command dengan diawali dan diakhiri tanda petik "". Jika command tersebut bernilai true, maka command dapat digunakan. Jika command tersebut bernilai false, maka command tidak dapat digunakan.
Mengecek Command Secara Keseluruhan
Tahap untuk mengecek command secara keseluruhan sebagai berikut :
- Klik kanan pada kelas ```Command```
- Klik ```new Command(String forstWord, String secondWord)``` untuk membuat objek baru
- Ketikan 2 comand. Contoh comand pertama adalah ```"go"``` dan comand kedua adalah ```"west"```
- Klik ```oke```
- Klik kanan pada objek ```Command``` pada object bench berwarna merah
- Terdapat 4 method untuk mengecek command
Mendapatkan Informasi dari Pengguna
Tahap untuk mendapatkan informasi dari pengguna sebagai berikut :
- Klik kanan pada kelas ```Parser```
- Klik ```new Parser()``` untuk membuat objek baru
- Klik ```oke```
- Klik kanan pada objek ```Parser``` pada object bench berwarna merah
- Klik method ```Command getCommand()```
- Ketikan command pada terminal
Lalu ```Enter```
- Klik ```Command```
- Akan muncul hasil. Kata perintah adalah ```go``` dan kata kedua adalah ```west```. Sedangkan kata yang lain dianggap tidak dimengerti.
Komentar
Posting Komentar