Cari Blog Ini
NRP : 5025231124 | Kelas : Pemrograman Berorientasi Objek - A | Dosen : Fajar Baskoro, S.Kom., M.T.
Unggulan
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Evaluasi Akhir Semester - Program Manajemen Gudang
Evaluasi Akhir Semester
Nama : Christoforus Indra Bagus Pratama
NRP : 5025231124
Soal 1
Apa yang dimaksud dengan Package Library dalam Java. Jelaskan kegunaan dan contoh penggunaannya dalam pemrograman
- Pengertian Package Library dalam Java
Package library dalam Java adalah kumpulan kelas dan antarmuka (interfaces) yang disusun dalam sebuah package untuk menyediakan fungsionalitas tertentu yang dapat digunakan kembali dalam program. Java memiliki banyak package library bawaan yang mencakup berbagai fungsi dasar hingga kompleks, seperti manipulasi string, operasi matematika, input/output, jaringan, koleksi data, dan lainnya. - Kegunaan Package Library
- Mengorganisasi kode : Memisahkan logika program ke dalam modul yang lebih kecil untuk meningkatkan keterbacaan dan pemeliharaan kode.
- Menghindari konflik nama : Dengan memanfaatkan namespace yang unik dalam package, pengembang dapat menghindari benturan nama kelas.
- Penggunaan kembali kode : Library yang sudah ada dapat digunakan tanpa harus menulis ulang logika dasar atau umum.
- Meningkatkan efisiensi : Pengembang dapat fokus pada logika spesifik aplikasi tanpa mengkhawatirkan implementasi detail fungsi umum.
Soal 2
Buatlah Rancangan Aplikasi yang diambil dalam Final Project
Ringkasan Hubungan Antar Kelas :
- Kelas Barang adalah bagian dari Kelas Gudang (komposisi).
- Kelas Gudang menjadi sumber data untuk Kelas MainGudangGUI (dependency).
- Kelas MainGudangGUI mengakses barang melalui Kelas Gudang (indirect dependency).
Soal 3
Deskripsikan kegunaan dan ruang lingkup aplikasi
Kegunaan Program Manajemen Gudang :
Program ini dirancang untuk membantu pengguna dalam mengelola barang di gudang secara efisien. Fungsinya meliputi :
- Manajemen Data Barang :
- Menambahkan barang baru ke daftar gudang.
- Mengedit informasi barang yang sudah ada.
- Menghapus barang dari daftar gudang.
- Visualisasi Data :
Menampilkan daftar barang secara terstruktur melalui antarmuka GUI (Graphical User Interface) untuk memudahkan pengguna. - Kemudahan Operasional :
Memberikan solusi berbasis GUI agar pengguna tanpa pengetahuan teknis mendalam dapat mengelola data barang dengan mudah.
Ruang Lingkup Aplikasi :
- Tambah Barang
Fungsi : Memungkinkan pengguna menambahkan data barang baru ke daftar gudang.
Kegunaan : Memperbarui inventaris gudang dengan barang baru, termasuk detail seperti nama, kategori, harga, dan stok awal. - Update Barang
Fungsi : Memperbarui informasi barang seperti kategori dan harga.
Kegunaan : Menjaga data barang tetap akurat sesuai kebutuhan operasional. - Tambah/Kurangi Stok
Fungsi : Menambah atau mengurangi jumlah stok barang.
Kegunaan : Mengelola jumlah barang dalam gudang berdasarkan aktivitas masuk dan keluar. - Pencarian Barang
Fungsi : Mempermudah pencarian barang berdasarkan nama melalui filter tabel.
Kegunaan : Menghemat waktu dalam menemukan barang tertentu di gudang. - Tampilan Tabel Barang
Fungsi : Menampilkan daftar barang dalam bentuk tabel, lengkap dengan kolom aksi seperti Tambah Stok, Kurangi Stok, dan Update.
Kegunaan : Memberikan visualisasi data yang jelas dan mempermudah akses informasi barang. - Refresh Tabel
Fungsi : Memperbarui tampilan tabel setiap kali ada perubahan data barang.
Kegunaan : Menjamin tabel selalu menampilkan informasi terkini. - Subclass ButtonRenderer dan ButtonEditor
Fungsi : Mengelola rendering dan aksi tombol dalam tabel.
Kegunaan : Menyediakan pengalaman interaktif untuk pengguna dengan tombol-tombol fungsi di tabel GUI.
Soal 4
Implementasikan Aplikasi yang telah didesain dengan menggunakan Pemrograman Berbasis Obyek Java
Source Code GitHub
- Kelas Barang : Link github Barang.java
- Kelas Gudang : Link Github Gudang.java
- Kelas MainGudangGUI : Link Github MainGudangGUI.java
- Repository GitHub : Link Github Repository
Kelas Barang
Kelas Gudang
Kelas MainGudangGUI
Hasil Implementasi
1. Halaman Utama2. Tambah Stok
3. Kurangi Stok
4. Update Stok
Soal 5
Buat PPT presentasi yang menunjang Demo Aplikasi
File PPT telah tercantum dalam form pengumpuluan EAS
File PPT juga dapat dilihat pada link Canva berikut :
Soal 6
Demokan aplikasi dengan membuat video dan diupload di Youtube.
Video demonstrasi aplikasi dapat diakses pada link Youtube berikut :
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Postingan Populer
Tugas Pertemuan 4 - Interaksi Objek (Clock Display)
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Tugas Pertemuan 14 - Graphical User Interface
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar